Yang Wajib Kamu Bawa Saat Traveling ke Ladakh

A better preparation for a better trip. Biarpun saya udah beberapa kali ngetrip ke beberapa tempat, tetep aja di trip berikutnya ternyata persiapan saya kurang. Apalagi trip ke Ladakh ini yang H-1 di saat saya seharusnya repot nyiapin barang-barang untuk packing, saya malah demam. Jadilah trip ke Ladakh ini saya berbekal persiapan yang kurang prepare. … Continue reading Yang Wajib Kamu Bawa Saat Traveling ke Ladakh

Sekelumit tentang Koneksi Internet di India

Internetan di India harus menggunakan SIM Card yang telah didaftarkan sesuai identitas pengguna. Ketika beli Vodafone di Delhi, data-data di Passport diinput, sampai difoto untuk data mereka. Bahkan untuk di wilayah Jammu and Kashmir, harus menggunakan ID lokal. Jadi ketika sampai di Srinagar, saat beli SIM Card, SIM Card kami didaftarkan pakai ID warga lokal. … Continue reading Sekelumit tentang Koneksi Internet di India

Mari Menghitung Biaya Trip ke Ladakh!

Masalah biaya selalu ditanyakan orang-orang setiap saya pulang dari traveling. Beberapa nanya karena memang ada rencana ngetrip ke tempat yang baru saya kunjungi, beberapa nanya untuk bandingin dengan biaya yang mereka keluarin untuk trip yang (hampir) sama, dan sisanya nanya karena penasaran aja. Apakah banyak biaya yang kita keluarkan untuk melalak sampai Ladakh? Kalau kamu … Continue reading Mari Menghitung Biaya Trip ke Ladakh!

Transportasi selama saya di India

Transportation in Kashmir and Ladakh Pas si Ikhsanul ngajakin buat backpackeran di Ladakh, menurut saya plan dia udah seperdelapan mateng sih. Ibarat kalo telur rebus, putihnya udah mulai kental, tapi kuningnya masih encer banget. Saya baca plan dia juga udah oke. Jadi kami cuma baca referensi sana sini aja buat matengin telur kami. (Wait.. what?). … Continue reading Transportasi selama saya di India

Kenali, Hindari, dan Tangani Acute Mountain Sickness (AMS)

Perjalanan saya ke Ladakh akhir September kemaren membuat saya banyak melakukan persiapan, termasuk kesehatan. Ladakh dilewati oleh rangkaian pegunungan Himalaya, sehingga lokasi Ladakh berada di ketinggian yang ekstrem. Tempat-tempat yang saya kunjungi berada di ketinggian di atas 2,500 meter di atas permukaan laut. Tempat tertinggi yang saya kunjungi ada di Khardung La, dengan ketinggian 5,602 … Continue reading Kenali, Hindari, dan Tangani Acute Mountain Sickness (AMS)

Mengurus e-Visa Turis India: Mudah, Cepat, dan Gratis!

Untuk mengurus Visa Turis India bisa dilakukan dengan cara manual atau dengan cara yang lebih praktis, e-Visa. Awalnya saya berniat buat ngurus Visa manual aja. Karena permohonan Visa Manual India bisa diajukan melalui Konsulat Jenderal India di Medan. Dari beberapa traveler yang ngurus visa India di Medan, cepat juga. Satu sampai dua hari sejak berkas … Continue reading Mengurus e-Visa Turis India: Mudah, Cepat, dan Gratis!