Hiking in Norway: Mount Munken (Until Munkebu Hut), Sørvågen, Moskenes, Lofoten

Lokasi : Sørvågen, Nordland, Lofoten
Trailhead : (67.891174, 13.00993) or Google Location
Level : Moderate
Ketinggian : 472 meter dpl (elevasi awal: 13 meter dpl
Jarak : 10.8 km (Pulang Pergi)
Waktu Tempuh : 5.30-6.30 jam (Pulang Pergi)
Data berdasarkan Strava Click here to see My Strava Activity*
*data di Strava cuma sampe KM 8.8, karena jam tangan lowbatt
Mount Munken, adalah salah satu must hike di Lofoten (at least for hikes we did). Jadi, kalo kamu punya waktu satu harian untuk hiking di sekitaran Å sampai Moskenes, saran saya hukum hiking di sini adalah wajib. Dengan level yang moderate, saya sarankan untuk banyak mempersiapkan fisik terlebih dulu ya. Nggak perlu sampai puncak Mount Munken bisa cukup sampai Munkebu Hutnya aja.
Munkebu Hut ini adalah sebuah “hut” atau bangunan untuk tempat peristirahatan bagi hikers/mountaineers, yang lokasinya ada di gunung. Kalo kamu mau muncak di Munken, bisa juga istirahat dulu satu malem di hut ini. Tapi nggak sembarang orang bisa nginap di sini. Akses khusus untuk menginap di sini hanya diberikan bagi anggota dari Den Norske Turistforening (DNT) atau Norwegian Trekking Association. DNT  ini semacam membership gitu bagi pecinta alam khususnya trekking. Jadi dengan mendaftar dan membayar biaya DNT, member bakal dapet banyak keuntungan termasuk bisa beristirahat di “mountains hut” yang ada di banyak lokasi di Norway. Yah, kalo ngetripnya setahun sih kayaknya beneran saya rekomendasiin buat daftar DNT, karena bakal menghemat biaya penginepan. Klik di sini untuk baca baca lebih lanjut tentang DNT.

Getting There

Katanya temennya travalmate saya (Adityo), ada salah satu Trailhead untuk menuju Mount Munken bisa dari dekat desa Å, tempat kami nginep sebelum hiking di Mount Munken. Tapi karena banyak dari referensi yang saya baca menyarankan untuk mendaki dari dekat Sørvågvatnet (Vatnet: Lake, Sørvågvatnet: Lake Sørvåg) di desa Sørvågen, maka kami memutuskan untuk naik dari Sørvågen. Ah alesanmu aja Bar! Sebenernya #AkibatKurangBrowsing aja sih, jadi kami nggak tau kalo ada Trailhead dari dekat desa Å. Jadi kami harus berjalan sekitar 2.5 kilometer dari penginepan kami di Å sampai di Trailhead di Sørvågen.
I took this map from 68north. Just click the picture to go to the page.
From My Strava.
Ada tempat parkir di sini, jadi kalo kamu datang pakai mobil/motor, bisa diparkir di sini. Sedangkan kalo naik bus, busstop terdekat adalah Sørvågen skole, atau jalan kaki aja sudah kayak kami. Wkwkwkwkwk.
Yes, saat kami berangkat hujan lumayan lebat datang. But that didn’t stop us. Kami tetap pelan pelan hiking, toh lama kelamaan hujannya juga reda.
Dari Trailhead kita bisa melihat Sørvågvatnet dan tentu saja desa Sørvågen di sisi danau yang lain. Ada bangku panjang lengkap dengan mejanya, jadi bisa tuh dipake untuk sarapan dulu sebelum mulai pendakian.
Kalo ini adalah Tindvatnet, atau Lake Tind, karena lokasinya yang lebih dekat dengan desa Tind.
Sørvågvatnet dan desa Sørvågen.
Do you bring your breakfast?

The Trail

Tuh kan, nggak sampe habis kerecordnya. Hahahaha.
Awal pendakian track berupa jalan batu, namun nggak lama, karena setelah itu kami sudah ditemani dengan track tanah yang basah. Jadi kalau kalian hiking di sini dengan cuaca seperti yang kami alami, kalian harus pandai pandai memilih langkah kalo nggak mau terperosok lumpur.
Ini view gunung-gunung yang selama perjalanan menemani kami:

Sepanjang perjalanan kita akan ketemu banyak banget danau, tapi jangan coba coba nyemplung atau kencing di sini ya. Karena air di danau inilah yang digunakan untuk kebutuhan sehari hari beberapa desa di sekitar sini.
Selain danau, banyak juga air terjun. Kayaknya sih air terjun ini berasal dari danau yang lokasinya berada di atas danau yang lain. Jadi semacam danau bertingkat gitu. Jadi saling nyambung antara danau yang satu dengan yang lain.

Track yang kami lalui di sini menantang, karena nggak cuma tanah berlumpur, tapi juga sempet menerjang aliran sungai yang lebih mirip kayak air terjun karena lumayan nanjak, sampai tanjakan batu yang sudah disediakan rantai pengaman sebagai pegangan. Bukan pegangan lagi ding, karena justru tangan yang harus lebih kuat untuk mengangkat badan, jadi kaki hanya untuk jaga keseimbangan.

Rute mudah untuk dikenali karena terdapat banyak marking, dan asalkan kamu download aplikasi maps.me di HP, sangat susah untuk tersesat. Karena di maps.me untuk hiking ke Munken udah ada rute yang valid.

Setelah 5.4 kilo kita mendaki, sampailah kita di Munkebu Hut. Ada dua buah “hut” bercat warna merah khas rumah rumah di Norway, yang lokasinya tepat berada di pinggir danau.

Jika ingin mendaki sampai puncak Mount Munken, dari sini masih sekitar 1.5 kilo lagi dengan kondisi trail yang lebih mendaki, namun kata Mas Duncan di 68north, tidak terlalu sulit.
This view awaits.
Click here to read all the hikes I did when in Norway
Advertisements

2 thoughts on “Hiking in Norway: Mount Munken (Until Munkebu Hut), Sørvågen, Moskenes, Lofoten

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s